AS Peringati 2 Tahun Pemberontakan 6 Januari di Capitol

by -60 Views

Jumat pekan ini adalah peringatan dua tahun peristiwa pemberontakan di gedung Kongres AS (Capitol) di Washington 6 Januari 2021, sewaktu kerumunan massa yang marah, para pendukung mantan presiden Donald Trump, berusaha menghalangi pengesahan hasil pemilihan presiden 2020.

Sekelompok anggota Kongres dari kedua partai dijadwalkan berkumpul di East Front Steps gedung Capitol hari Jumat pagi untuk mengenang para petugas yang kehilangan nyawa atau cedera akibat serangan tersebut.

Presiden AS Joe Biden menandai hari tersebut di Gedung Putih dengan upacara, di mana ia akan menganugerahkan penghargaan Presidential Citizens Medal (Medali Kepresidenan bagi Warga Negara) kepada 12 individu, yang, kata seorang pejabat Gedung Putih, “memberikan kontribusi yang patut dicontoh bagi demokrasi kita sekitar 6 Januari 2021.”

Penghargaan Presidential Citizens Medal mengakui warga negara AS “yang telah melakukan perbuatan jasa yang patut dicontoh bagi negara mereka atau sesama warga negara.”

Di antara kelompok yang akan menerima penghargaan itu pada hari Jumat adalah seorang ibu dan anak perempuannya yang diancam karena melakukan pekerjaan mereka sebagai petugas pemilu di Fulton County, Georgia; polisi, anggota parlemen, dan seorang mantan pegawai negeri federal.

Sebuah penghargaan akan diberikan secara anumerta kepada Brian Sicknick, polisi Capitol yang kehilangan nyawa karena melindungi para pejabat terpilih negara. Ia meninggal pada 7 Januari 2021. Biden, Wakil Presiden Kamala Harris dan pasangan mereka memberi penghormatan kepada Sicknick ketika ia disemayamkan di ruang Rotunda di Capitol.

Pewaris Sicknick telah mengajukan gugatan terhadap Trump, dengan menuntut ganti rugi $10 juta. “Terdakwa Trump secara sengaja membuat marah massa serta mengarahkan dan mendorong massa untuk menyerang Capitol AS dan menyerang orang-orang yang menentang mereka,” menurut gugatan itu. [uh/ab]

Sumber: www.voaindonesia.com

No More Posts Available.

No more pages to load.